Menkominfo: Pertumbuhan Sektor Infokom 2021 Masih di Atas Ekonomi Nasional

Menkominfo: Pertumbuhan Sektor Infokom 2021 Masih di Atas Ekonomi Nasional
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate, menyatakan pertumbuhan sektor informasi dan komunikasi (Infokom) selama periode 2021 masih di atas pertumbuhan rata-rata ekonomi nasional pada periode yang sama.

Dalam hal ini, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sektor Infokom meraih pertumbuhan positif pada setiap kuartal 2021, yakni 8, 7 persen pada kuartal I, 6, 87 persen pada kuartal II dan 5, 51 persen pada kuartal III dibanding pertumbuhan tahun sebelumnya atau year on year (YoY).

“Pertumbuhan sektor informasi dan komunikasi itu bertumbuh positif ya berturut-turut 8, 7 persen (kuartal I), 6, 87 persen (kuartal II) dan 5, 51 persen (kuartal III) year-on-year. Tren pertumbuhan ini tentu jauh di atas pertumbuhan rata-rata nasional, ” ujar Menkominfo dalam acara Mendigitalkan Indonesia: Restrospeksi Kominfo 2021 dan Outlook 2022 di Jakarta, pada Selasa (28/12/2021).

Menurut Menkominfo, laju pertumbuhan sektor Infokom terjadi karena adanya pergeseran aktivitas masyarakat, dari ruang fisik ke ruang digital selama pandemi COVID-19.

Pergeseran ini adalah bagian dari upaya adaptasi masyarakat dalam keterbatasan aktivitas yang dihadapi, terkait kebijakan pembatasan kegiatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 semakin meluas di berbagai daerah.

“Karenanya tugas Kemenkominfo menjadi begitu penting untuk melihat dan menyiapkan fondasi-fondasi bagi kehidupan bermasyarakat kita dalam rangka untuk mengisi dan mengantisipasi aktivitas masyarakat itu sendiri, ” imbuh Menkominfo.

Lebih lanjut Menkominfo menjelaskan, untuk memfasilitasi aktivitas masyarakat ini, Kemenkominfo mempercepat solusi digital untuk mendorong trasformasi digital di berbagai sektor.

Upaya ini dinilai sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo agar Kemenkominfo memastikan peta jalan (roadmap) transformasi digital dilaksanakan dengan baik untuk menyambut migrasi aktivitas masyarakat dari ruang fisik ke ruang digital.

“Jadi saya sendiri melihat ini seperti blessing in disguise saat pandemi COVID-19, di mana masyarakat dunia dan secara khusus Indonesia, kita bergerak secara cepat masuk ke era baru, era digital, sejalan juga dengan instruksi teknologi itu sendiri, ” kata Menkominfo.

Akselerasi program ini dinilai penting untuk dilakukan untuk mengembalikan momentum pertumbuhan nasional dan aktivitas ekonomi masyarakat di berbagai daerah dan sektor.

Upaya akselerasi tersebut dilakukan dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur digital, seperti jaringan fiber optik, satelit, Menara base tranceiver station (BTS) di wilayah yang belum terjangkau akses telekomunikasi, menambah spektrum frekuensi, menyiapkan tata kelola ruang digital memadai, menerapkan program Analog Switch Off (ASO) untuk televisi, dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) digital yang handal.

“Kita harus melakukan akselerasi karena transformasi digital ini dilakukan di semua layer (lapisan) dan semua level di Indonesia, ” tutur Menkominfo. (***)

Update

Update

Previous Article

Presiden Jokowi: Bendungan Ladongi Dapat...

Next Article

Pertamina Raih 23 Penghargaan Proper Emas

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono

Edi Purwanto

Edi Purwanto

Postingan Bulan ini: 50

Postingan Tahun ini: 50

Registered: Nov 7, 2021

Sopiyan hadi

Sopiyan hadi

Postingan Bulan ini: 43

Postingan Tahun ini: 43

Registered: Jul 16, 2021

solmi st.permato

solmi st.permato

Postingan Bulan ini: 43

Postingan Tahun ini: 43

Registered: Dec 26, 2021

Aa Ruslan Sutisna

Aa Ruslan Sutisna

Postingan Bulan ini: 43

Postingan Tahun ini: 43

Registered: Dec 28, 2021

Profle

Narsono Son

Dampak Penunjukan PLH Sekda Tanpa Mencabut SK Sekda Yang Lama,   ASN Kab. Lambar Bingung Dengan Dualisme Sekda
Kadinsos dan Pendamping BPNT Kota Kediri Resmi Ditahan
Terkait Siswa SMPN 3 Banyumas Bayar Rp.290 ribu, Paska Ujian, Ini Tanggapan Kabid SMP Dindik Banyumas
Kapolri Berjanji Akan Usut Tuntas Dugaan Suap Sebesar 75 Juta Dari Bandar Narkoba Untuk Kapolrestabes Medan

Follow Us

Recommended Posts

Seorang Pemotor Tewas Tertabrak Kereta Api; Terseret 10 Meter
Hendak Transaksi Sabu, Kuli Bangunan di Sumenep Ditangkap Polisi
Polda Jateng  Siapkan Vaksinasi Massal Car Free Day
Minus 12 Jam, Tim Resmob Polda Jambi Berhasil Bekuk Pelaku Pembunuhan di Angso Duo
Kapolda Jambi Senang Hati, Vaksinasi Dosis I Kerinci Tembus 70 Persen